Pantai Green Bowl Bali - Nuansa Hening ala Private Beach

Kalau berbicara tentang Bali, hal pertama yang terlintas dalam benang banyak orang pasti tentang wisatanya. Ya, Bali memang merupakan sebuah pusat wisata yang begitu istimewa. Saking istimewanya, keindahan wisata Bali ini tak hanya diakui oleh wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan dari seluruh dunia.

Kalau kamu sering mendengar ikon -ikon wisata pulau Bali, maka banyak dari deretan ikon wisata Bali tersebut adalah wisata pantai. Yap! Bali memang kaya akan deretan pantai menawan. Sebut saja Pantai Kuta, Pandawa, Sanur, Nusa Dua, dan sederetan pantai cantik lain..

Nah, kali ini BW juga akan membahas mengenai sebuah wisata pantai nan elok dan begitu spesial yang dimiliki oleh Bali. Namanya adalah Pantai Green Bowl. Hmm, belum pernah mendengar nama Pantai Green Bowl Bali? Maka dari itu, yuk kita simak apa istimewanya pantai Green Bowl Bali ini.
Pantai Green Bowl Bali
Pantai Green Bowl Bali - Nuansa Hening ala Private Beach

Lokasi dan Akses


Lokasi Pantai Green Bowl adalah di bawah kawasan Hotel Bali Cliff. Tepatnya di Jalan Raya Bali Cliff, Kuta Selatan, Badung, Bali. Lokasinya tidak jauh dari pantai Pandawa Bali. Kamu bisa berangkat dari kota Denpasar, lalu ambil rute untuk menuju arah Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Terus saja hingga di perempatan setelah melalui Garuda Wisnu Kencana (GWK). Berikutnya, ambil arah kiri. Terus saja mengikuti jalan hingga sekitar 3 km jauhnya. Akan ada petunjuk kalan menuju Pantai Bali Cliff, ikuti petunjuk tersebut.

Setibanya di gerbang bekas Hotel Bali Cliff, ambil arah jalan ke kiri. Dan kamu pun bisa segera menemukan keindahan sebuah pantai yang begitu khas dan tenang. Eits, akan tetapi, kamu perlu melewati 328 anak tangga agar bisa menikmati panorama apik dari Pantai Green Bowl ini loh.

Di dekat pantai ini juga ada Pura Batu Pageh. Nah, untuk membantu biaya perawatan pura ini, maka penduduk sekitar mengenakan biaya retribusi sekitar Rp 5.000 per orang bagi kamu yang ingin memasuki wilayah pantai ini.

Kenapa Disebut Green Bowl?

Nama pantai Green Bowl memang terkesan lucu dan unik ya? Sebetulnya, pantai Green Bowl sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Bali Cliff, lantaran di atas tebing pantai ini terketaj Hotel yang bernama Hotel Bali Cliff.

Ada juga yang biasa menyebut pantai ini sebagai Hidden Beach Ungasan lantaran lokasinya yang masih tersembunyi alias belum banyak dikenal wisatawan. Akan tetapi, pantai ini kemudian lebih dikenal dengan nama Pantai Green Bowl.

Nama Green Bowl berasal dari kata mangkuk hijau. Kenapa mangkuk hijau? Ini karena saat air laut surut, maka kamu biasa menikmati karang-karang yang berselimut lumut hijau bertebaran di pantai ini sehingga membentuk seperti mangkuk berwarna hijau.

Tapi nih, ada juga yang bilang kalau nama Pantai Green Bowl ini didapat dari nama PT Green Bowl yang merupakan perusahaan yang hendak membangun hotel di sekitar pantai.

Daya Tarik Pantai Green Bowl

Satu hal paling menarik dari pantai ini adalah karena tempat ini belum populer. Loh, kog gitu ya? Yap! Karena belum populer, maka tempat ini memiliki nuansa yang begitu adem ayem alias tenang.

Lokasi pantai yang juga terpencil semakin membuat nuansa pantai ini begitu syahdu. Berbeda banget dengan pantai -pantai lain yang sudah populer di Bali. Jadi, kalau kamu punya kesempatan mengunjungi pantai ini, bisa jadi kamu beruntung menikmati liburan ala private beach. Serasa pantai sendiri gitu.

Ow ya, masih ingat khan tadi disebutkan bahwa kamu harus melewati 328 anak tangga untuk bisa sampai ke tempat ini? Jadi, saat menuju ke pantai, 328 anak tanggu ini harus kamu lalui menurun. Nah, jika ingin meninggalkan pantai ini, wajib juga bagi kamu untuk mendaki 328 anak tangga ini.

Capek? Itu sebabnya kamu harus menyiapkan stamina yang kuat jika ingin menuju ke tempat wisata di Bali yang satu ini. Akan tetapi, rasa capek ini sebanding kog dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Green Bowl.

Pantai ini punya pasir putih yang begitu lembut, air laut biru nan jernih, plus bebatuan karang yang dengan kokohnya berdiri menerjang ombak besar. Ya, pantai Green Bowl memang punya ombak yang tergolong besar.

Namun, justru ombak besarnya inilah yang membuat pantai ini lebih menarik karena bisa dijadikan sebagai lokasi surfing yang seru.

Berselenacar di Pantai Green Bowl Bali

Para wisatawan kelas nasional hingga dunia memang banyak yang berburu tempat -tempat wisata untuk surfing. Tak heran, pantai ini bisa jadi destinasi menarik bagi kamu yang doyan surfing atau berselancar.

Kalau diamati, pantai ini sering juga dikunjungi oleh para turis asing yang membawa papan selancar. Mereka sangat antusias untuk menikmati tantangan dari ombak besar di sini. Bahkan, tak sedikit juga loh para peselancar professional yang menikmati ombaki di pantai ini.

Ups, tapi memang hanya para professional saja yang dianjurkan melakukan surfing di sini. Bagi kamu yang masih amatir, lebih baik tidak menjajal ombak di tempat ini karena lumayan menantang dan bisa jadi membahayakan buat kamu.

Bagi para pecinta selancar, kamu bisa berselancar dengan bebas mulai pagi hari hingga sore sekitar pukul tiga. Nah, ketika menjelas sore hari, biasanya air laut mulai surut. Saat itulah, karang-karang berselimut lumut yang nampak seperti mangkok hijau akan mulai tampak di pantai ini.

Pada saat seperti ini pula, banyak para nelayan yang akan datang memancing. Mereka kaan menyusuri area pantai yang sedikit menjorok ke tengah. Nah, di tempat itulah, para nelayan siap melempar jala dan kail pancingnya demi menjaring ikan.

Berjemur Ala Private Beach

Pantai ini juga bisa jadi tempat yang tempat buat kamu yang ingin mencoba berjemur dengan sensasi ala private beach loh. Pantai ini memang terletak di balik bukit dan tertutup rerimbunan pepohonan. Tak ayal, tempat ini cukup rindang dan sejuk.

Buat yang suka menjelajah, coba deh kamu berkeliling di gua gua besar yang banyak tersedia di tempat ini. Pantai yang dikelilingi oleh karang-karang besar ini memang mempunyai cukup banyak gua menarik yang sering digunakan sebagai lokasi sembahyang. Sebagiannya lagi, digunakan sebagai tempat tinggal kelelawar.
Lapar setelah menjelajah? Nah ini nih yang perlu diperhatikan. Di tempat ini tidak ada penjaja makanan yang siap menutup rasa laparmu ya. Jadi, sangat dianjurkan untuk membawa bekal sendiri. Warung-warung penjaja makanan cuma bisa kamu temukan di dekat Pura Batu Pageh, yang berada jauh di pintu masuk pantai.

Tapi bila kamu bawa bekal makanan dan minuman sendiri, kamu wajib menjaga kelestarian dan kebersihan pantai ini loh ya. Buang bungkus makanan dan sampah lain di kantung plastik kamu, lalu bawa pulang lagi untuk dibuang di tempat sampah di luar wilayah pantai.

Selamat menjajal serunya liburan ala private beach di Pantai Green Bowl Bali. J

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel