Pengalaman Seru Wisata Pantai Baron Jogja

Wisata jogja memang sudah begitu populer bagi seluruh wisatawan Indonesia. Bahkan, popularitas wisata Jogja ini pun sudah cukup populer sampai ke seluruh dunia loh. Bila ditelusuri, kota gudeg Jogja ini memang punya tempat wisata yang begitu berlimpah. Pantas saja kalau para wisatawan bisa berpuas -puas menjelajahi Jogjakarta dengan beragam tempat wisatanya ini.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang terbilang populer adalah wisata pantainya. Wisata pantai Jogja memiliki banyak sekali pilihan. Mulai dari wisata pantai yang modern dan ramai, sampai wisata pantai yang masih perawan dan begitu sepi.

Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu wisata pantai Jogja yang banyak digemari, pantai baron Jogja mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Pantai Baron adalah sebuah pantai di Jogjakarta yang menyimpan begitu banyak daya tarik. Mau tau apa saja yang bisa kamu dapatkan di pantai Baron Jogja?
Pengalaman Seru Wisata Pantai Baron Jogja
Pengalaman Seru Wisata Pantai Baron Jogja

Lokasi Pantai Baron Jogja

Pantai di Jogja yang satu ini terbilang cukup populer. Jadi, tak sulit untuk bisa menemukan lokasi pantai baron. Pantai baron terletak di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

Cara menuju ke Pantai Baron, kamu bisa datang dari Kota Jogja, lanjut ke Jalan Wonosari , belok Kanan di Jalan Baron, seberang Polres Gunungkidul, dan tibalah kamu di Pantai Baron. Jarak dari kota Wonosari ke Pantai Baron sekitar 23 km.

Salah satu pantai di Gunung Kidul ini cukup mudah ditemukan. Untuk sampai di pesisir selatan Pulau Jawa ini, kamu harus melewati jalan yang berliku. Tapi tak perlu khawatir, jalanannya lumayan bersahabat.

Di sepanjang perjalanan menuju ke pantai Baron, kamu mungkin akan ditemani dengan aura panan dan kering. Ini memang sudah jadi ciri khas dari kabupaten Gunung Kidul. Tapi, begitu kamu tiba di kawasan Pantai Baron, kamu akan segera disambut dengan suasana yang menyegarkan.

Ada bukit -bukit indah dengan karangnya, pohon -pohon jati yang berbaris rapi, serta pepohonan berdaun hijau yang menyegarkan. Semua panorama menyegarkan ini, ditambah dengan riuhnya para pedagang makanan laut, siap menyambut kamu ketika kamu tiba di Pantai Baron Jogja.

Seperti Apa Panorama Wisata Pantai Baron?

Selain pepohonan hijau nan menyegarkan, Pantai Baron juga dihiasi dengan pasir pantai yang begitu lembut. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih kecoklatan. Ya! Seperti kebanyakan pantai yang identik dengan pasirnya, Pantai Baron pun bisa kamu jadikan tempat bermain pasir pantai yang seru. 

Selain itu, seperti nuansa khas pantai selatan lainnya, Pantai Baron pun juga punya ombak lautan yang terbilang ganas. Dari kejauhan, kamu mungkin sudah bisa mendengarkan kerasnya suara ombak yang memukul -mukul bibir pantai tiada henti. Jadi, karena ombaknya yang ganas ini, jangan coba -coba berenang atau berjalan terlalu jauh ke arah lautan ya. Berbahaya!

Namun, ada yang khas pula dari Pantai Baron. Pantai ini memiliki bentuk seperti huruf “U”. Di sisi kanan kirinya, ada dua barisan karang yang tampak kokoh menagan gelombang laut selatan yang ganas.

Ketika kamu berjalan menuju sisi barat, maka kamu akan menemukan pemandangan yang tak kalah unik. Ada aliran sungai air tawar yang muncul entah dari mana. Sungai air tawar ini panjangnya hanya beberapa ratus meter saja dan bermuara tepat di tepian pantai.

Hmm, pertemuan antara air tawar dan air laut ini menjadi sajian yang khas dari wisata Pantai Baron. Air sungai bawah tanah yang berwarna kehijauan ini terlihat begitu cantik ketika bertabrakan dengan air laut yang berwarna kebiruan. Apalagi, ada panorama bukit kaang yang menjulang tinggi yang menambah kesan keindahan pantai ini.

Di beberapa sisi pantainya, kamu pun akan bisa melihat puluhan kapal yang berbaris rapi menanti jadwal melaut yang ketika air pasang di malam hari. Ow ya, ada juga beberapa kapal yang bisa kamu sewa. Dengan kapal sewaan ini, kamu pun akan diantar berkeliling Pantai Baron untuk menikmati keindahannya.

Kisah Unik di Balik Asal Usul Nama Pantai Baron

Hei! Sudah sadarkah kamu ada yang unik dari nama Pantai Baron? Kalau kamu pernah belajar sejarah mengenai gelar para bangsawan Eropa di abad pertengahan, maka kamu tentu mengenal bahwa nama “baron” adalah gelar terendah para bangsawan Eropa di abad tersebut.

Pantai ini memang memiliki nama yang berbeda ‘rasa’ dari pantai -pantai di Jogja lain yang umumnya memiliki nama yang ‘Njawani’ alias rasa Jawa, seperti Pok Tunggal, Kukup, Krakal, Ngobaran, Sadranan, Parangkusumo dan lainnya.

Lantas, apa ya yang melatarbelakangi pemberian nama bernuansa Eropa untuk pantai di Gunung Kidul yang satu ini? Hmm, ternyata nih, memang ada kisah unik dari asal usul nama Pantai Baron ini.

Nama pantai ini ternyata merujuk pada tokoh ketoprak bernama ‘Baron Sekeber’. Tokoh ketoprak yang satu ini pun ternyata memang seorang bangsawan Belanda, beberapa menyebut dari Spanyol atau Portugis. Baron Sekeber ini memiliki ilmu kesaktian yang tinggi, sampai -sampai ia berani memawan Panembahan Senopati, pendiri Kesultanan Mataram.

Kemudian, berangkat dari legenda ini, para warga sekitar pun sering menyangkut pautkan para bule (orang Belanda secara khusus, atau Eropa secara umum), dengan nama Baron Sekeber.

Kebetulan, pantai ini sempat menjadi tempat persembunyian serta tempat penyimpanan senjata oleh Belanda ketika menjajah Indonesia di tahun 1930-an. Kemungkinan nih, karena ada banyak bule yang pernah tinggal di area Pantai ini, maka pantai ini pun dinamakan Pantai Baron dengan merujuk kisah si bule sakti Baron Sekeber.

Mercusuar Tinggi di Atas Bukit Karang

Satu lagi yang khas dari wisata Pantai Baron adalah adanya menara putih yang menjulang tinggi di dekat jurang. Menara ini tepatnya terletak di atas bukit karang yang ada di sebelah timur. Untuk sampai ke menara ini, kamu bisa melewati tangga berbatu yang berada di sebelah timur pantai.

Eh, ada sedikit biaya perawatan tangga yang harus kamu bayar untuk melewati tangga ini ya. Sangat murah koh, sekitar Rp 2.000 saja per orang. Setelah melewati tangga ini sejauh beberapa ratus meter, maka kamu akan tiba di kompleks Mercusuar Tanjung Baron. Kompleks mercusura ini ada di puncak bukit karang.

Karena letaknya yang ada di puncak bukit karang, nuansanya jadi begitu cantik dan khas. Bahkan, banyak yang bilang mirip sekali dendgan panorama di Minas Tirith di atas The City of Kings, atau mirip juga dengan nuansa The Lord of the Rings. 

Menara mercusuar berwarna putih ini ternyata baru dibangun di bulan Februari tahun 2014, dan diresmikan pada Desembar di tahun yang sama. Tapi, sebelumnya memang sudah ada menara mercusuar yang terletak di sampingnya.

Sayang, menara mercusuar lama yang terbuat dari besi ini terlihat sudah sangat keropos. Karenanya, sudah perlu untuk diganti. Menara putih baru setinggi 40 meter ini juga didirikan untuk menambah daya tarik wisata kompleks Pantai Baron, selain tentunya juga sebagai pemandu kapal yang melintas. 

Fungsi utama mercusuar memang sebagai pemandu kapal -kapal yang melintas. Mercusuar menjadi penanda jarak dan terletak terpisah setiap 12 mil laut atau sekitar 22 km. Semua mercusuar dioperasikan oleh Dirjen Perhubungan Laut yang berkantor pusat di Cilacap. Di atas mercusuar, selalu ada lampu yang yang berputar -putar agar mudah menarik perhatian pelaut.

Selain bermanfaat bagi para pelaut, mercusuar di Pantai Baron sekaligus berfungsi sebagai atraksi wisata. Jadi, kamu pun bisa memasuki mercusuar ini dengan membayar RP 5.000 per orang. Di dalam ruangan mercusuar yang cukup besar ini, kamu pun bsia menikmati cantiknya bentang alam Gunung Kidul dari atas ketinggian.

Di menara putih ini, terdapat 9 lantai berbentuk segi banyak. Setiap lantinya terhubung oleh tangga -tangga spiral yang semakin menyempit di atasnya dan terbilang cukup curam. Nah, ketika kamu tiba di lantai -lantai genap, kamu bisa menemukan sebuah balkon yang bisa kamu pakai untuk menikmati pemandangan di sekeliling mercusuar.

Lalu, tiba di lantai ke -7, kamu ganti akan menemukan tangga vertikal yang terbilang licin. Jadi, agar lebih aman, lebih baik kamu melepaskan alas kaki jika ingin menaiki tangag tersebut. Nah, jika sudah sukses melewati tangga yang agak mengerikan ini, kamu pun akan disajikan panorama spektakuler dari Pantai Baron Gunung Kidul.

Tampak dengan jelas barisan perbukitan karst yang indah berjajar di sepanjang wilayah utara pantai. Di sebelah selatan, ada panorama kontras berupa samudra bergelombang yang membentang kokoh.

Kamu pun bisa menikmati angin semilir yang berhembus syahdu dari puncak menara mercusuar ini. Bagi yang senang hunting foto selfie, tempat ini pas sekali untuk jadi pilihan. Tapi, kamu wajib selalu waspada dan berhati -hati karena angin kencang terkadang berhembus dari lautan.

Kamu pun harus memperhatikan aneka instrumen sensitif yang tidak boleh disentuh, seperti baterai dan panel surya, serta lampu putar. Jangan sampai kedatangan kita di mercusuar Pantai Baron ini jadi merusak benda -benda penting ini.

Penginapan di Pantai Baron

Pantai Baron memang memiliki daya tarik yang elok untuk dinikmati ya? Bagi yang belum puas hanya tinggal beberapa jam saja di Pantai Baron, kamu pun bisa menikmati fasilitas penginapan di Pantai Baron yang banyak tersedia. 

Ada penginapan yang berada sangat dekat di sekitaran Pantai Baron, dan ada pula yang letaknya sedikit agak jauh. Untuk penginapan di Pantai Baron yang letaknya sangat dekat dengan pantai, biasanya merupakan penginapan kelas melati dengan harga yang relatif murah.

Bahkan, jika kamu datang berombongan 4 sampai 6 orang, kamu bisa lebih menghemat biaya penginapan. Cukup sewa satu kamar, lalu pesan tambahan kasur yang biasanya hanya bertarif sekitar Rp 15.000/ kasur.

Walaupun kebanyakan penginapan di Pantai Baron cukup sederhana, tapi fasilitas yang tersedia sudah ada yang nyaman. Ada yang menawarkan fasilitas kipas angin, dan ada yang sudah menyediakan full AC. 

Nah, bagi kamu yang ingin mencari penginapan di Pantai Baron atau Hotel di Pantai Baron, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Hotel Bintang Baru 
Alamat, sekitaran Pantai Baron, Gunungkidul.
Telepon : 0274-392052
Fasilitas : 16 kamar dengan tarif antara : Rp 40.000,- s.d Rp 80.000,-

2. Penginapan Baronsari
Alamat sekitaran Pantai Baron, Gunungkidul.
Telepon : 0274-392741/ 087839074262
Fasilitas : 9 kamar dengan tarif antara Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,-

3. Calida Hotel
Alamat : Jl. Agus Salim, no. 7, Wonosari, Yogyakarta, Indonesia Sekitar 3.6 km dari Pantai Baron

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel